content top

Freeport Segera di Panggil DPR




Freeport Segera di Panggil DPR. Berita terbaru, Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi Energi dan Sumber Daya Mineral berencana meminta klarifikasi PT Freeport Indonesia soal tuduhan menambang uranium.
Freeport Segera di Panggil DPR
Pemanggilan dilakukan jika perusahaan pertambangan asal Amerika Serikat tersebut benar-benar dilaporkan melakukan penambangan uranium secara ilegal di Papua.

Sebelumnya, anggota DPRD Papua Yan Mandenas menuduh Freeport mencuri kekayaan alam Papua dan menyalahi kontrak karya dengan pemerintah pusat, dengan menambang uranium selama delapan bulan terakhir secara sembunyi-sembunyi. Tuduhan ini dapat berimplikasi serius, karena uranium merupakan salah satu bahan baku untuk membuat nuklir.

“Kontrak karya Freeport dengan pemerintah tidak termasuk penambangan uranium. Kalau benar mereka menambang uranium, maka Komisi VII akan memanggil Freeport untuk mengklarifikasi kebenaran kabar tersebut,” ujar anggota Komisi VII M Romahurmuziy.

Romy menambahkan, DPR kemungkinan juga akan memanggil Yan Mandenas sebagai pihak yang melontarkan tuduhan tersebut. Romy mengingatkan, soal uranium merupakan isu yang sangat sensitif. “Ini bukan soal harga, tapi sensitivitas isu. Jangan sampai satu jengkal pun bumi Indonesia dikuasai pihak asing,” kata Romy.

Terlebih, menurut Romy, uranium megandung bahan radioaktif untuk membuat nuklir, sedangkan pada saat yang sama Indonesia pun sedang menjajaki pengembangan energi listrik tenaga nuklir. Oleh karena itu, Komisi VII akan mencari tahu perihal kebenaran isu ini terlebih dahulu.

PT Freeport sendiri sudah membantah tuduhan Yan Madenas itu. “Pernyataan itu tidak benar,” kata Juru Bicara Freeport Indonesia, Budiman Moerdijat, dalam pesan singkatnya di Jakarta, Rabu 14 Juli 2010. Freeport, kata Budiman, adalah perusahaan pertambangan umum dengan produk akhir berupa konsentrat yang mengandung logam, tembaga, emas, dan perak.





Tag : Freeport Segera di Panggil DPR
Berikan Komentar Anda Mengenai Freeport Segera di Panggil DPR

Leave a Reply